Home Kesehatan Umum Kolesterol pemicu timbulnya penyakit batu empedu

Kolesterol pemicu timbulnya penyakit batu empedu

C:\Users\Asus\Downloads\download (2).jpeg

Kolesterol adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-selnya. Namun, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat dan HDL atau yang dinamakan kolesterol baik. Kadar kolesterol yang tinggi umumnya merujuk pada tinggi kadar kolesterol jahat LDL yang mampu menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Tahukan kamu kalau penumpukan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit batu empedu?

Penumpukan kolesterol yang terjadi di dalam tubuh bukan hanya berisiko menyebabkan Anda terkena stroke atau serangan jantung. Lebih dari itu,kolesterol juga dapat menjadi penyebab terbentuknya batu empedu pada kantong empedu Anda.

Empedu merupakan bagian dari organ pencernaan manusia. Didalam empedu menghasilkan cairan empedu berwarna hijau kekuningan yang berperan dalam mencerna makanan berlemak. Di dalam kandung empedu terdapat cairan empedu yang mengandung kolesterol, asam atau garam empedu, bilirubin, air, serta zat lainnya, seperti kalium, natrium, dan tembaga.

Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol dan terbentuk di saluran empedu manusia.  Batu empedu bisa terjadi karena adanya kolesterol yang mengeras dan tertimbun dalam cairan empedu. Ini terjadi karena ada ketidakseimbangan antara senyawa kimia dan kolesterol dalam cairan empedu.

Ukuran batu empedu bisa bermacam-macam, mulai dari yang sekecil butiran pasir hingga sebesar bola pingpong.

Gejala yang muncul pengidap batu empedu seperti

  1. Mual dan muntah,
  2. Demam tinggi dan menggigil.
  3. Tubuh dan mata berwarna kuning.
  4. Nyeri mendadak dan terus menerus pada perut kanan atas, perut tengah, di bawah tulang dada, dan punggung di antara tulang bahu.

Cara mencegah munculnya penyakit batu empedu  yaitu

1. Kurangi konsumsi makanan berlemak (termasuk makanan bersantan, gorengan)

2. Makanlah makanan yang tinggi akan serat, seperti gandum dan sayur-sayuran. makanan tinggi serat ini akan mengikat cairan empedu sehingga tidak bisa digunakan ulang, sehingga empedu terpaksa mengambil kolesterol baru untuk diolah menjadi cairan empedu dan kadar kolesterol di darah akan otomatis turun.

Pengobatan penyakit batu empedu baik melalui dokter maupun secara alami seperti

1. Di bawa ke dokter

Seorang yang menanggung derita batu empedu bila dibawa ke dokter umumnya bakal dikerjakan operasi pengangkatan batu empedu, di mana batu empedu itu bakal di ambil dari kantong atau saluran empedu.

2. Dengan cara alami

yaitu mengkonsumsi minyak zaitun, konsumsi apel, dan konsumsi makanan yang berserat tinggi setiap hari, serta perbanyak minum air putih dan olahraga yang teratur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read