Home Kesehatan Umum Kesalahan Pola makan dan Gaya Hidup Program Diet

Kesalahan Pola makan dan Gaya Hidup Program Diet

C:\Users\Asus\Downloads\pentingnya-sarapan-dan-makan-malam-saat-diet-alodokter.jpg

Bagi perempuan memiliki bentuk tubuh langsing dan singset selalu jadi impian. Tidak heran, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal itu, perempuan akan melakukan segala cara, termasuk diet.

Diet merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan seseorang, salah satunya untuk mendapatkan berat badan ideal. Berat badan ideal memang dapat menunjang penampilan, sehingga nggak jarang seseorang mau melakukan berbagai upaya untuk diet.
Saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh maupun pola yang diterapkan oleh program diet.

Banyak kesalahan yang sering terjadi saat seseorang menjalani program diet seperti

Tidak sarapan pagi

Menjalankan diet dengan tidak sarapan di pagi hari merupakan hal yang salah karena semakin lapar dan semakin banyak makan di siang hari.

Hanya fokus pada timbangan berat badan

Perempuan sering berpikir bahwa mereka harus memiliki berat badan pada angka tertentu agar terlihat langsing. Dengan demikian, fokusnya hanya pada angka membuat seseorang diet superketat membuat tubuh jadi lebih sehat.

Tidak berolahraga atau terlalu banyak olahraga

Berolahraga mampu menaikkan massa otot dalam tubuhmu dan mengurangi massa lemak. Jadi, kalau kamu hanya fokus diet tapi nggak diimbangi olahraga, kamu bakalan kehilangan massa otot. Meski berat badanmu berkurang, belum tentu massa lemak di tubuhmu bakalan turun juga.

Menghindari makan nasi

Dalam diet menurunkan berat badan, terkadang seseorang cenderung berpikir takut untuk makan nasi. Nasi dianggap mudah membuat seseorang menjadi gemuk. Padahal nggak demikian. Nasi nggak akan membuatmu gemuk asal nggak berlebihan konsumsinya.

Kurang cukup makan protein

Protein memang membantu membentuk otot di tubuh. Namun jika kamu mengonsumsinya berlebihan hal itu akan berubah menjadi lemak di tubuh. Dan kekurangan protein juga dapat membahayakan kondisi tubuh kamu.

Masih makan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis hanya akan merangsang kamu untuk menambah asupan makan. Ini salah satu kesalahan saat diet yang sering dilakukan.

Ikut-ikutan orang

Kebanyakan orang menjalani diet karena ikut-ikutan orang lain merupakan kesalahan yang fatal. Karena bahwa setiap orang punya kondisi dan permasalahan tubuh yang berbeda. Ikut-ikutan diet yang dijalani orang hanya dapat berhasil menurunkan berat badan mereka saja tanpa memperhatikan kondisi tubuhnya.

Makan terlalu banyak protein dan lemak

Konsumsi protein dan lemak berlebihan bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke.

Makan tanpa garam

Menjalankan diet dengan tidak mengonsumsi garam merupakan diet yang sangat berbahaya. Karena Tubuh masih butuh asupan garam untuk memproduksi hormon tiroid, memelihara keseimbangan cairan tubuh, menjaga aktivitas sel saraf, kontraksi serta relaksasi otot, dan meningkatkan fungsi otak.

Tidak dengan pengawasan dokter

Ketika seseorang mendapatkan rekomendasi diet yang diberikan oleh beberapa blog, media sosial, bahkan ahli diet sekali pun memang dapat dijadikan panduan. akan tetapi perlu dilihat apakah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh kita atau tidak. Jangan sampai rekomendasi diet yang diberikan tersebut jadi bumerang untuk diri Anda sendiri. Lebih baik konsultasi dengan ahli gizi saat ingin diet agar penurunan berat badan lebih efektif

Terlalu fokus pada pengurangan

Kebanyakan dari pelaku diet hanya terlalu fokus dalam pengurangan produk susu, gluten, gula, dan lainnya. Mungkin untuk beberapa hari pertama, pengurangan dalam program diet tersebut akan berhasil dan tak terjadi masalah.

Namun pengurangan tersebut hanya bersifat sementara. Jadi daripada mengurangi hal-hal tersebut, lebih baik Anda mempertimbangkan apa yang bisa Anda tambahkan dalam diet.
Penambahan makanan dalam program diet ini bisa berupa sayuran dan buah-buahan yang mengandung sejumlah nutrisi baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Makan saat perut kosong

Makan saat lapar atau dalam kondisi kosong akan membuat kamu makan melebihi porsi yang seharusnya. Ketika keadaan perut dalam kondisi penuh membuat perut jadi kembung dan tidak nyaman. Jadi saat kamu sudah mendapatkan isyarat lapar , sebaiknya  makan daripada harus menunggu perut kosong dan menyebabkan makan berlebihan yang membuat tubuh tidak sehat dan berat badan bisa naik.

Kurang tidur atau sering begadang

Jika kurang tidur berakibat metabolisme tubuh melambat. Ujung-ujungnya adalah kamu akan cenderung makan lebih banyak karena sering lapar di malam hari.
Waktu istirahat juga sangat penting untuk membuat tubuhmu lebih mudah memiliki berat badan ideal. kurang tidur akan membuatmu mudah gemuk.

Tidak makan malam

Jika makan malam dihilangkan, kemudian menggantinya dengan makanan ringan untuk menahan lapar dan makanan ringan yang disantap mengandung kalori tinggi, maka berat badan tetap tidak akan turun. Rasa lapar yang muncul akibat tidak makan malam dapat mengganggu tidur kamu dan dapat mengundang makanan yang tidak seharusnya dimakan sehingga membuat bobot melambung tinggi.

Sering makan salad terus

Sayur dan buah itu menyehatkan dan membuat tubuh langsing. Akan tetapi harus diimbangi dengan asupan karbohidrat supaya dalam tubuh kita punya energi.

Tidak ngemil

Ngemil disini yang sehat dimaksud konsumsi snack sehat setiap tiga sampai empat jam sekali dalam jumlah semangkuk kecil atau bisa juga mengemil buah-buahan seperti pisang.

Terlalu banyak minum jus buah hingga lupa minum air putih

Mengkonsumsi jus buah memang menyehatkan. Tetapi jangan lupa konsumsi air putih karena dapat membantu mengatur pola makan dan mengurangi asupan kalori.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read