Home Kesehatan Anak Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

Untuk orang dewasa, mengendalikan emosi Anda terkadang merupakan tantangan, tetapi itu tidak mudah bagi anak-anak Anda, karena mereka tidak tahu bagaimana mengekspresikan pikiran mereka kepada orang lain seperti orang dewasa.

Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

Cara membantu anak-anak Anda mengendalikan emosi

Seperti orang dewasa, anak-anak dapat stres dari hal-hal seperti sekolah dan kehidupan sosial. Meskipun mereka mungkin pura-pura tidak mengatakan, mereka ingin orang tua mereka mengenali dan memecahkan masalah mereka. Sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak Anda tumbuh sehat sehingga ia dapat mengatasi masalah stres.

Dengarkan mereka dan bantu mereka mengenali emosi mereka

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mendengarkan dengan cermat tanda dan gejala masalah kesehatan mental. Penting bagi anak Anda untuk didengarkan dengan keterbukaan dan perhatian. Orangtua harus menghindari evaluasi, menyalahkan atau memaksa anak untuk melakukan apa pun. Cobalah memahami keseluruhan cerita dengan mengajukan pertanyaan. Butuh waktu untuk menceritakannya. Kemudian, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengenali emosi mereka menggunakan “daftar emosional”. Emosi harus mencakup beberapa emosi positif seperti “bahagia”, “senang” atau “bangga”. Ingat, tidak peduli apa kata anak, penting bahwa Anda selalu mendengarkan dan mendorong anak Anda untuk jujur ​​dengan Anda dan Anda sendiri.

Bicarakan tentang emosi anak Anda setiap hari

Orangtua harus mendiskusikan dengan mereka tentang perasaan mereka setiap hari. Ini akan membantu anak-anak mengekspresikan emosi dengan lebih mudah dan belajar dari orang dewasa bagaimana menggunakan kata-kata mengekspresikan emosi secara akurat, dari mana emosi juga tidak nyaman. Anak-anak akan tenang dan merasa rileks untuk mengungkapkan semuanya.

Baca juga  Tips atasi cegukan secara cepat dan alami

Menciptakan ruang untuk berbicara tentang perasaan yang sulit juga merupakan ide yang bagus. Ketika saya mengatakan “saya marah”, itu artinya seorang anak tahu apa emosi dan kontrol mereka.

Baca juga  Perawatan Alami untuk Menumbuhkan dan Melebatkan Rambut Si Kecil

Bantu anak Anda menghadapi emosi yang sulit

Begitu anak telah belajar perasaannya, orang tua dapat membantu mereka memahami mengapa mereka merasa seperti itu. Berbicara tentang pemicu atau penyebab emosi terkadang akan menyulitkan anak Anda, tetapi Anda dapat melakukan ini dengan lebih mudah dengan mendorong dia untuk menceritakan sebuah kisah. Sebuah cerita yang menjelaskan hubungan antara emosi anak dan setiap pikiran atau perilaku dari gangguan belajar anak, kompleksitas sosial, atau dari keluarga itu sendiri.

Orangtua juga dapat membantu anak-anak mereka berbagi lebih banyak dengan berbicara secara terbuka tentang emosi mereka, penyebabnya dan cara mengatasinya.

Sekian yang dapat kami sampikan kepada Anda sebagai orang tua, semoga dengan adanya tips tentang Cara membantu anak-anak Anda mengendalikan emosi, Anda bisa membantu anak Anda lebih mengontrol emosi mereka, sehingga mereka bisa memahami apa yang mereka lakukan tidak baik dan mana yang baik.

Must Read