Home Kesehatan Umum Ketahui Bahaya Anemia pada Lanjut Usia

Ketahui Bahaya Anemia pada Lanjut Usia

C:\Users\Asus\Downloads\bahaya-anemia-pada-lansia-tidak-bisa-diremehkan-1562859597.jpg

Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Fungsi sel darah merah atau hemoglobin itu sendiri membawa oksigen menuju ke seluruh tubuh. Sehingga peranan sel darah merah ini sangat penting. Bila tubuh kekurangan darah maka akan mengalami gejala seperti tubuh mudah lelah dan lemas serta mata kunang-kunang.

Anemia dapat terkena oleh siapa saja termasuk para lansia juga bisa. Jika seorang lansia terkena anemia, maka akan memicu beberapa hal yang terjadi seperti

Lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi

Apabila tubuh mengalami kadar hemoglobin atau sel darah merah yang rendah maka akan memicu penyembuhan luka yang lambat dan mudahnya tubuh akan terkena berbagai infeksi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila hal ini dialami oleh lansia maka akan memicu berbagai penyakit lainnya seperti kena kanker, gagal ginjal kronis, dll. Untuk itu bila lansia mengalami kurang darah merah sebaiknya segera mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi supaya tubuh segera memproduksi sel darah merah.

Berisiko mudah terjatuh

Saat kekurangan darah, maka tubuh akan mudah lelah, lemas dan kepala pusing berkunang-kunang. Hal ini sangat berbahaya bila lansia terkena anemia sebab keseimbangan badannya tidak dapat menopangnya akibatnya tubuh akan mudah terjatuh.

Kepadatan tulang dan otot berkurang

Saat tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, maka tubuh berarti kekurangan zat besi akibatnya sumsum tulang akan memproduksi sel darah merah lebih banyak dari pada biasanya sehingga lama-kelamaan akan berpengaruh pada kepadatan tulang dan otot.

Baca juga  Makan Tengah Malam dan Bahaya Yang Mengancam

Sulit bergerak untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin membuat suplai oksigen ke seluruh tubuh pun berkurang, akibatnya sel jaringan di dalam tubuh pun tidak dapat menghasilkan sumber tenaga dengan normal karena terjadi gangguan produktivitas sehingga membuat semua bekerja lebih berat dan maksimal akibatnya tubuh sulit untuk bergerak melakukan aktivitas sehari-hari karena kelelahan tidak memiliki tenaga untuk bergerak.

Baca juga  Pria Botak di Sebabkan oleh Hal Berikut

Menurunnya daya ingat

Fungsi sel darah merah atau hemoglobin itu sendiri membawa oksigen ke seluruh tubuh, bila tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin maka akan berpengaruh pada pembawaan oksigen akibatnya otak mengalami oksigen juga sehingga kemampuan fungsi otak pun mengalami gangguan salah satunya menurunnya daya ingat seseorang sehingga bila hal ini terjadi pada lansia hal ini juga akan membahayakan sebab ketika daya ingat menurun baik segala informasi yang ada di dalam otak juga akan berpengaruh pada kemampuan bicara dan mengenal sesuatu jadi lupa akibatnya dapat menjadi pikun.

Berisiko tinggi mengalami demensia

Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan daya berpikir sehingga bila para lansia kekurangan darah merah atau hemoglobin akan berakibat dapat merusak sel saraf sehat dalam otaknya.

Ketika sudah mengetahui bahaya yang akan terjadi bila lansia kekurangan darah atau anemia akan berakibat fatal ke kesehatan mereka. Untuk itu alangkah baiknya anak-anak mereka memerhatikan kondisi orang tuanya dengan memberikan asupan nutrisi makanan yang sehat bagi mereka. Semoga bermanfaat

 

Must Read