Home Sehat Alami Efek Samping Konsumsi Sereh Secara Berlebihan

Efek Samping Konsumsi Sereh Secara Berlebihan

C:\Users\Asus\Downloads\tanamanobatkeluarga-toga-blogspot.jpg

Serai atau sereh adalah tumbuhan rumput-rumputan yang dapat digunakan dijadikan sebagai bumbu dapur untuk masakan. Umumnya serai atau sereh dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa pada masakan. Selain bermanfaat sebagi bumbu dapur juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi bila anda mengkonsumsi serai atau sereh berlebihan maka akan memicu berbagai efek samping. Berikut beberapa efek samping mengkonsumsi serai atau sereh secara berlebihan antara lain :

1. Membuat kepala pusing

Serai atau sereh dipercaya selain dijadikan bumbu dapur juga dapat dijadikan minyak aromaterapi. Akibatnya bila anda menggunakan secara berlebihan akan memicu kepala pusing.

2. Membuat rasa mual dan muntah

Selain dipercaya dapat dijadikan sebagai aromaterapi, bila mengkonsumsi rebusan serai atau sereh dalam jumlah banyak atau berlebihan akan memicu perut menjadi mual dan muntah karena aromanya yang terlalu menyengat.

3. Memicu buang air kecil berlebihan

Serai atau sereh memiliki kandungan air yang cukup tinggi bila anda mengkonsumsi secara berlebihan akan memicu untuk buang air kecil terus menerus, karena tubuh mengkonsumsi cairan yang berlebihan akibatnya ginjal pun memproduksi urine lebih banyak

4. Membuat gigi berlubang dan mulut kering

Mengkonsumsi rebusan air sereh dipercaya dapat mengatasi masalah infeksi mulut dan gigi berlubang tetapi bila anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan dan tidak hati-hati akan memicu gigi berlubang dan mulut kering.

5. Dapat menimbulkan reaksi alergi dan memicu iritasi pada kulit

Bagi anda orang-orang yang memiliki kulit sensitive berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsi serai atau sereh dalam jumlah berlebihan sebabkandungan dalam sereh atau serai akan memicu reaksi alergi pada kulit dan iritasi

Baca juga  13 Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan: Bisa Sembuhkan Jerawat Dan

6. Bahaya bagi ibu hamil dan menyusui

Bagi ibu hamil dan menyusui dilarang untuk mengkonsumsi serai atau sereh karena bila mengkonsumsi rebusan air serai atau sereh akan mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan sebab sereh atau serai mengandung zat yang dapat memicu keguguran bahkan kecacatan pada janin.

Baca juga  Cegah dehidrasi dengan konsumsi buah-buahan ini

Itulah efek samping jika mengkonsumsi serai atau sereh berlebihan bila tidak sesuai takaran yang dianjurkan akan berakibat fatal. Untuk itu patuhilah aturan anjuran takaran yang diperintahkan.

 

Must Read