Home Kesehatan Umum Waspada Kebiasaan yang Menyebabkan Diare saat Musim Hujan

Waspada Kebiasaan yang Menyebabkan Diare saat Musim Hujan

Musim hujan dan banjir adalah suatu musim dimana kondisi air yang turun mengalir ke berbagai tempat atau daerah sampai ke pemukiman warga dengan intensitas yang cukup deras dan air yang banyak sehingga meluap masuk ke rumah penduduk akibat nya banyak muncul berbagai penyakit salah satunya adalah diare.

Diare adalah suatu kondisi keadaan tubuh sering mengeluarkan buang air besar melebihi intensitas dari biasanya dalam sehari sampai 3-4 kali bolak-balik masuk ke kamar mandi.
Diare di musim hujan dan banjir ini kena tidak pandang bulu bisa mengenai anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab diare pada musim hujan dan banjir yaitu disebabkan oleh infeksi usus. Infeksi usus ini disebabkan oleh bakteri E. Coli, shigela, rotavirus.  Biasanya bakteri dan virus ini menyebar melalui lewat makanan maupun air yang tercemar sehingga bila seseorang biasanya kurang menjaga kebersihan lingkungan baik dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus, bakteri, dan kuman maka akan terkena sakit diare. Diare juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang biasa ketika sebelum makan tidak mencuci tangan.
Jika kita mengetahui penyebab diare maka dapat dicegah sejak dini.

Adapun ada beberapa kebiasaan yang dapat memicu penyebab sakit diare antara lain :

1. Mengkonsumsi air yang tidak matang dan tidak bersih

Jika anda membiasakan memakai air galon dan membeli air isi ulang tanpa melihat kebersihannya hati-hatilah. Sebab virus, bakteri dan kuman dapat dengan mudah bersembunyi di sumber di lingkungan anda. Jadi lihat kebersihan air anda yang akan dikonsumsi apakah sudah terjaga kebersihan dan kematangan nya bila akan dikonsumsi sebab akan memicu sakit diare.

2. Mengkonsumsi sayur dan buah tanpa dicuci terlebih dahulu.

Pada saat musim hujan  biasanya keadaan tumbuhan seperti sayur dan buah tumbuh subur sehingga memicu virus, bakteri dan kuman pun ikut menghinggapi akibatnya hal ini juga dapat memicu diare. Karena bila anda lupa mencuci sayur dan buah terlebih dahulu maka dengan mudah dapat menyerang saluran pencernaan akibat nya tubuh anda terkena diare. Untuk sebaiknya bila anda ingin memasak sayur maupun mengkonsumsi buah-buahan jangan lupa selalu mencucinya dengan sabun khusus supaya kesehatan anda pun terjaga juga.

Baca juga  8 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak-anak dan Orang Dewasa
Baca juga  Makan Tengah Malam dan Bahaya Yang Mengancam

3. Mengkonsumsi makanan sembarangan

Bila anda yang hobi kuliner biasanya selalu mencoba berbagai jenis makanan dari pinggir jalan hingga restoran. Tak terpikirkan ke anda bahwa makanan yang anda makan sudah sehat dan terjaga kebersihannya atau tidak. Kadang anda lupa sangkin enaknya mengkonsumsi makanan itu juga mengabaikan kebersihan lingkungannya. Bahwa pasti anda tau penyebab sakit diare biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Untuk itu jangan sembarangan makanan bila tidak tau kebersihannya. Karena bila tidak terjaga kebersihannya banyak virus, bakteri dan kuman gampang menempel ke makanan lalu masuk ke tubuh anda, bila daya tahan tubuh anda melemah  diare dapat menyerang anda.  Untuk itu salah satu kunci hidup sehat adalah makanan dan minum yang sehat bergizi dan seimbang dengan kebersihan makanan terjaga pula.

4. Kurang menjaga kebersihan tubuh

Tubuh yang sehat maka akan terbentuk jiwa yang kuat seperti yang disebutkan oleh pepatah. Bila anda kurang menjaga kebersihan tubuh maka kesehatan pun terganggu. Contohnya biasanya mandi sehari minimal 2x tetapi anda cuma sekali bahkan tidak mandi. Bila kebersihan tubuh tidak terjaga maka dengan mudah virus, bakteri dan kuman dapat dengan mudah menempel ke badan anda apalagi kalau anda habis olahraga ataupun kena air hujan maupun kecipratan genangan air maka itu menjadi sumber pembawa virus, bakteri dan kuman. Sebaiknya tubuh anda segera basuh dan mandi supaya badan terlihat bersih dan kondisi tubuh anda pun menjadi segar sehingga kesehatan anda pun terjaga.

Semoga dengan ini dapat merubah dan menghilangkan kebiasaan buruk pemicu diare dan selalu menjaga kebersihan lingkungan maupun kebersihan tubuh anda.

 

Must Read