Home Kesehatan Umum Riwayat Penyakit yang Dilarang Donor Darah

Riwayat Penyakit yang Dilarang Donor Darah

C:\Users\Asus\Downloads\file-20190916-19045-lui6lr.jpg

Donor darah adalah suatu proses pengambilan darah dari tubuh seseorang kemudian disimpan untuk dijadikan stok darah bila ada seseorang yang kekurangan untuk tranfusi darah. Mendonorkan darah secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh, serta dapat mendeteksi penyakit dalam diri kita sejak dini. Makanya sebelum mendonorkan darah biasanya petugas pengambil darah mengecek kesehatan anda terlebih dahulu. Apakah anda benar-benar sehat dan tidak terindikasi oleh berbagai penyakit yang berbahaya supaya orang yang akan menerima donor anda pun sehat dan tidak tertular oleh penyakit yang anda bawa. Sebab darah merupakan media yang dapat menjadi sumber penyakit bila yang mendonorkan ikut terkena penyakit maka yang menerimapun akan sama.

Berikut beberapa penyakit yang tidak boleh ikut mendonorkan darahnya antara lain :

Hipertensi

Hipertensi adalah suatu penyakit tekanan darah tinggi dimana tekanan darah norma sebesar 120/100mmHg maka diatas dari tekanan normal. Contohnya bila tekanan darah anda diatas 180/100mmHg maka anda daikatakan terkena hipertensi.

Bila anda terkena hipertensi maka dilarang untuk mendonorkan darahnya sebab hal ini akan membahayakan kondisi anda bila dipaksakan akan menyebabkan kematian.

Diabetes

Diabetes merupakan kelebihan kadar gula dalam darahnya tidak normal. Bila anda penderita diabetes, maka dilarang untuk mendonorkan darahnya. Sebab diabetes tergolong penyakit menular sehingga bila didonorkan akibatnya penerima donor darah pun akan ikut tertular juga.

Penyakit sifilis dan gonorhoe

Penyakit sifilis dan gonorhoe adalah sejenis penyakit infeksi menular seksual yang sangat berbahaya. Bila penderita ini mendonorkan darahnya, maka si penerima darahnya pun akan ikut tertular penyakit tersebut, makanya penyakit ini dilarang untuk mendonorkan darahnya. Jika ingin mendonorkan darahnya harus melakukan pengobatan terlebih dahulu hingga selesai sampai sembuh setelah menunggu 1 tahun baru boleh untuk mendonorkan darahnya.

Baca juga  8 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak-anak dan Orang Dewasa
Baca juga  Makan Tengah Malam dan Bahaya Yang Mengancam

Sedang terkena flu dan batuk

Bila tubuh sedang terkena flu dan batuk berarti tubuh tidak dalam keadaan sehat, jika ingin mendonorkan darah sebaiknya dipulihkan kesehatannya dahulu baru boleh ikut mendonorkan darahnya.

Kena serangan jantung

Serangan jantung sendiri merupakan keadaan jantung dalm tidak normal, sehingga hal ini sangat berbahaya bila si penderita akan mendonorkan darahnya maka akan membahayakan kondisi tubuhnya.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi sehat atau terkena penyakit, maka terlebih dahulu periksakan diri dulu ke dokter sebelum mendonorkan darah.

 

Must Read