Home Blog

Ketahui Bahaya Anemia pada Lanjut Usia

0

C:\Users\Asus\Downloads\bahaya-anemia-pada-lansia-tidak-bisa-diremehkan-1562859597.jpg

Anemia merupakan suatu penyakit kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Fungsi sel darah merah atau hemoglobin itu sendiri membawa oksigen menuju ke seluruh tubuh. Sehingga peranan sel darah merah ini sangat penting. Bila tubuh kekurangan darah maka akan mengalami gejala seperti tubuh mudah lelah dan lemas serta mata kunang-kunang.

Anemia dapat terkena oleh siapa saja termasuk para lansia juga bisa. Jika seorang lansia terkena anemia, maka akan memicu beberapa hal yang terjadi seperti

Lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi

Apabila tubuh mengalami kadar hemoglobin atau sel darah merah yang rendah maka akan memicu penyembuhan luka yang lambat dan mudahnya tubuh akan terkena berbagai infeksi berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila hal ini dialami oleh lansia maka akan memicu berbagai penyakit lainnya seperti kena kanker, gagal ginjal kronis, dll. Untuk itu bila lansia mengalami kurang darah merah sebaiknya segera mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi supaya tubuh segera memproduksi sel darah merah.

Berisiko mudah terjatuh

Saat kekurangan darah, maka tubuh akan mudah lelah, lemas dan kepala pusing berkunang-kunang. Hal ini sangat berbahaya bila lansia terkena anemia sebab keseimbangan badannya tidak dapat menopangnya akibatnya tubuh akan mudah terjatuh.

Kepadatan tulang dan otot berkurang

Saat tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, maka tubuh berarti kekurangan zat besi akibatnya sumsum tulang akan memproduksi sel darah merah lebih banyak dari pada biasanya sehingga lama-kelamaan akan berpengaruh pada kepadatan tulang dan otot.

Sulit bergerak untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin membuat suplai oksigen ke seluruh tubuh pun berkurang, akibatnya sel jaringan di dalam tubuh pun tidak dapat menghasilkan sumber tenaga dengan normal karena terjadi gangguan produktivitas sehingga membuat semua bekerja lebih berat dan maksimal akibatnya tubuh sulit untuk bergerak melakukan aktivitas sehari-hari karena kelelahan tidak memiliki tenaga untuk bergerak.

Menurunnya daya ingat

Fungsi sel darah merah atau hemoglobin itu sendiri membawa oksigen ke seluruh tubuh, bila tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin maka akan berpengaruh pada pembawaan oksigen akibatnya otak mengalami oksigen juga sehingga kemampuan fungsi otak pun mengalami gangguan salah satunya menurunnya daya ingat seseorang sehingga bila hal ini terjadi pada lansia hal ini juga akan membahayakan sebab ketika daya ingat menurun baik segala informasi yang ada di dalam otak juga akan berpengaruh pada kemampuan bicara dan mengenal sesuatu jadi lupa akibatnya dapat menjadi pikun.

Berisiko tinggi mengalami demensia

Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan daya berpikir sehingga bila para lansia kekurangan darah merah atau hemoglobin akan berakibat dapat merusak sel saraf sehat dalam otaknya.

Ketika sudah mengetahui bahaya yang akan terjadi bila lansia kekurangan darah atau anemia akan berakibat fatal ke kesehatan mereka. Untuk itu alangkah baiknya anak-anak mereka memerhatikan kondisi orang tuanya dengan memberikan asupan nutrisi makanan yang sehat bagi mereka. Semoga bermanfaat

 

8 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak-anak dan Orang Dewasa

0
8 Cara Mengobati Cacingan Bagi Anak-anak dan Orang Dewasa

Infeksi cacing kremi termasuk ke dalam jenis infeksi parasit yang terjadi di usus seseorang, terutama anak-anak. Kondisi ini lumayan sering terjadi di Indonesia, yang mana biasanya disebabkan oleh kurang rajin menjaga kesehatan dan cuci tangan.

Orang dewawa pun tentunya dapat dengan mudah menelan jenis parasit yang satu ini tanpa mereka sadari. Setelah cacing masuk ke dalam perut, mereka akan melakukan perjalanan melalui sistem pencernaan dan bertelur di lipatan kulit di dekat anus, sehingga seringkali menyebabkan rasa terbakar atau gatal yang ekstrim di sekitar dubur anda.

Terdapat beberapa cara mengusir parasit dalam usus anda, terutama dalam bentuk makanan herbal dan obat-obatan. Beberapa diantaranya hanya dijadikan sebagai dukungan pengobatan saja, atau hanya sebagai pertolongan pertama sebelum anda memeriksakan diri ke dokter.

Adapun beberapa cara mengobati perut yang terkena cacingan sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

8 Cara Mengobati Cacingan

Bawang Putih

Bawang putih dikatakan dapat membunuh telur yang sudah bertebaran di usus sekaligus mencegah cacing kremi betina untuk bertelur lebih banyak lagi. Anda bisa menelan sayuran ini dalam dosis kecil atau mengoleskannya secara topikal seperti salep. Tetapi penggunaannya sebagai obat luar memiliki efek samping tersendiri, terutama jika anda memiliki wasir.

Jika anda ingin menelan bawang putih mentah dalam bentuk utuh, pastikan dipotong dadu terlebih dahulu untuk memudahkan perut dalam mencernanya. Anda juga boleh menjadikannya sebagai pasta dengan cara ditumbuk halus atau taburkan ke atas roti agar lebih mudah saat dimakan.

Cara ini tentunya tidak hanya efektif dalam melawan cacing kremi saja. Dikarenakan mengandung efek antibakteri, antiparasit, antivirus, dan antijamur, maka beberapa orang juga mengonsumsi bawang putih dengan tujuan untuk mengusir infeksi cacing tambang dan cacing gelang yang tak kalah berbahayanya.

Minyak Kelapa

Selain memiliki sifat antibakteri dan antivirus di dalamnya, minyak kelapa juga tentunya bisa digunakan untuk membantu membersihkan infeksi cacing kremi yang tengah menyerang anda.

Terdapat dua langkah untuk menjalani perawatan yang satu ini. Pertama, telan satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi. Kedua, oleskan sedikit minyak kelapa ke area yang telah terkena, atau anus anda.

Sama halnya seperti bawang putih, mengoleskan minyak di kelapa di sekitar anus anda juga dapat mencegah cacing betina bertelur di sana. Hampir segala bentuk infeksi parasit di usus bisa diatasi dengan cairan ini karena mengandung sifat anti parasit, termasuk mengatasi infeksi Candida albicans.

Wortel Mentah

Lagi-lagi makanan mentah bisa menjadi obat bagi parasit cacing di usus anda. Diperkirakan bahwa mengonsumsi wortel mentah (bisa diparut terlebih dahulu) sebanyak dua kali sehari bisa mendorong cacing melalui usus anda. Hal ini disebabkan karena wortel sangat kaya akan serat dan mampu meningkatkan pencernaan serta melancarkan BAB.

Dikarenakan kemampuannya tersebutlah, wortel dapat membantu mendorong cacing kremi keluar dari usus anda. Terlebih jika anda tidak memiliki alergi terhadap sayuran yang kaya akan vitamin A ini, maka bisa menjadi obat rumahan yang sangat aman untuk dilakukan.

Biji Labu

Biji labu mengandung senyawa yang disebut sebagai cucurbitacin. Sementara penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa tersebut mungkin membuat biji-bijian ini sangat efektif dalam melawan parasit internal. Malahan Farmakope Amerika Serikat mendaftarkan biji labu sebagai pengobatan untuk parasit usus pada tahun 1863-1936.

Ditambah lagi, biji labu memiliki beberapa efek antihelmintik, artinya dapat memingsankan atau mengusir cacing dalam perut anda secara alami. Bersama dengan triterpen tetrasiklik yang dimilikinya, beberapa jenis parasit yang menyerang tubuh pun bisa diatasi dengan lebih mudah.

Tergantung dari tingkat keparahan dan banyaknya parasit dalam tubuh anda, biasanya pengobatan dengan menggunakan biji labu bisa memakan waktu hanya dalam kurun waktu 3 hingga 6 hari saja.

Secara lebih spesifiknya, benih labu dan jenis tanaman merambat lainnya yang mengandung curcubitacin telah banyak digunakan untuk mengusir cacing pita dan cacing gelang baik pada spesies ternak domestik maupun pada manusia selama bertahun-tahun.

Biji Pepaya

Dalam sebuah penelitian di tahun 2012 terhadap tikus mendemonstrasikan bahwa biji pepaya mungkin bisa mengatasi infeksi cacing yang membandel.

Sementara pada manusia juga hampir memberikan efek serupa, yaitu mampu mengobati parasit pada usus tanpa efek samping yang berarti. Mengkonsumsinya saat terkena infeksi ini bisa menjagi strategi monoterapi dan pencegahan yang sangat murah, alami, tidak berbahaya, dan siap tersedia untuk melawan parasitosis usus, terutama di daerah tropis.

Tetapi penting untuk dicatat agar anda tidak boleh memakannya lebih dari 1 sdm secara sekaligus. Kelebihan mengonsumsinya bisa mengurangi kesuburan pada pria, menyebabkab diare, dan berbahaya bagi janin di dalam perut ibu hamil.

Mebendazole

Jika kelima pilihan diatas menggunakan obat herbal, lain lagi dengan yang satu ini. Mebendazole termasuk ke dalam jenis obat OTC yang bisa anda pilih jika kelima opsi di atas tidak kunjung memberikan hasil yang positif.

Hanya saja mebendazole tidak akan mampu membunuh telur-telur cacing yang sudah bersarang di usus anda. Inilah kenapa anda harus mengonsumsinya terus menerus selama 2 minggu pasca kesembuhan demi terhindar dari infeksi berulang.

Sisi positifnya adalah obat ini bisa langsung bekerja, tetapi mungkin akan butuh beberapa hari hingga cacing dalam perut anda terbunuh semua.

Tetapi yang namanya obat kimia, tentu bisa mendatangkan anda sejumlah kemungkinan efek samping, yang beberapa diantaranya

  • Kotoran berubah menjadi berwarna hitam
  • Kejang-kejang
  • Demam dengan atau tanpa menggigil
  • Perasaan lelah atau lemah
  • Gatal-gatal atau ruam kulit
  • Pembengkakan besar pada wajah, kelopak mata, bibir, lidah, tenggorokan, tangan, kaki, atau bahkan organ vital.
  • Mual dan muntah

Hentikan penggunaan jika mengalami hal-hal di atas, terlebih jika efek samping tersebut terjadi cukup parah.

Albendazole

Masih berbicara mengenai obat kimia, hanya saja Albendazole memiliki cara yang berbeda dalam mengatasi cacingan anda. Obat ini akan bekerja dengan cara mencegah cacing menyerap glukosa dari dalam tubuh anda, sehingga parasit akan kehilangan energi dan mati dengan sendirinya.

Obat ini biasanya harus berdasarkan resep dokter dan diminum sebanyak 1 hingga 2 kali sehari, tergantung dari kondisi kesehatan anda saat ini. Pastikan pula anda menggunakannya dalam jangka waktu yang telah diresepkan, bahkan jika gejalanya sudah membaik dan cacing sudah mati.

Melewatkan pengobatan malah bisa membuat cacing merasa resisten terhadap obat sehingga akan memperparah keadaan.

Pyrantel Pamoate

Obat ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi cacing usus seperti cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Pyrantel pamoate sendiri termasuk ke dalam jenis obat yang dikenal sebagai antihelmintik (seperti biji labu). Cara kerjanya adalah dengan membuat cacing tidak bisa bergerak (lumpuh) sehingga tubuh bisa mengeluarkannya secara alami melalui proses BAB.

Saking kuatnya, baik albendazole dan pyrantel pamoate telah dievaluasi untuk cacing kremi dengan tingkat kesembuhan masing-masing sebanyak 94,1% dan 96,3%.

Obat pyrantel datang dalam bentuk kapsul dan sirup, tetapi anda cukup mengonsumsinya satu dosis saja. Dosisnya biasanya akan diulang setelah 2 minggu untuk infeksi cacing kremi. Sementara untuk infeksi cacing tambang mengharuskan anda meminumnya sekali sehari selama 3 hari. Untuk lebih amannya, selalu ikuti anjuran dan resep dari dokter.

Pahit Tapi Menyehatkan, Berikut 6 Manfaat Makan Pare Sebagai Lalapan

0
Pahit Tapi Menyehatkan, Berikut 6 Manfaat Makan Pare Sebagai Lalapan

Sayuran pare yang juga dikenal dengan sebutan labu pahit, bitter melon, atau Momordica charantia, merupakan tanaman merambat yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia.

Pahit Tapi Menyehatkan, Berikut 6 Manfaat Makan Pare Sebagai Lalapan

Namun sekarang sudah dibudidayakan di hampir seluruh pelosok dunia karena dianggap sebagai obat dalam mengobati beberapa jenis penyakit secara alami. Meskipun rasanya yang tajam dan pahit, beberapa orang akan memaksakan dirinya untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Tetapi tidak jarang warga Indonesia yang doyan mengonsumsinya sebagai bagian dari lalapan dan pola makan sehari-hari, terutama orang yang lebih tua. Untungnya, kebiasaan tersebut mampu mendatangkan berbagai macam manfaat bagi kesehatan mereka.

Ingin tahu apa sajakah yang bisa anda dapatkan darinya? Berikut adalah manfaat makan pare bagi kesehatan anda.

  1. Mengandung Sejumlah Nutrisi

Hampir semua jenis sayuran memang mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh anda, tak terkecuali sayuran yang terasa pahit ini. Menurut USDA sendiri, dari 94 gram pare saja sudah mengandung sejumlah nutrisi seperti:

  • Kalori: 20
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 93% AKG
  • Vitamin A: 44%
  • Folat: 17%
  • Kalium: 8%
  • Zinc: 5%
  • Zat Besi: 4%

Berdasarkan daftar di atas, sudah jelas terlihat bahwa pare mengandung sejumlah vitamin C yang sangat memukau – bahkan hampir menutupi kebutuhan harian anda dalam beberapa  gigit saja.

Tapi tak hanya vitamin dan mineral saja, ia pun dikemas dengan sejumlah antioksidan dan senyawa tanaman yang juga penting bagi kesehatan tubuh anda, diantaranya katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat. Mereka semua akan membantu melindungi sel-sel anda dari kerusakan penyebab penyakit.

  1. Mengurangi Gula Darah

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, pare juga sudah digunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi diabetes semenjak dulu. Sayuran ini dikenal akan kemampuannya dalam menurunkan gula darah seseorang karena bertindak layaknya insulin, yaitu sejenis hormon yang membantu membawa glukosa ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Mengonsumsinya dapat membantu sel anda memanfaatkan glukosa tersebut secara lebih efektif dan memindahkannya ke dalam organ hati, otot, dan lemak.

Dalam sebuah penelitian terhadap 24 orang dewasa penderita diabetes selama 3 bulan memperlihatkan bahwa setelah mereka mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari, maka mampu mengurangi gula darah dan hemoglobin A1c.

Hemoglobin A1c sendiri merupakan sejenis tes yang memberitahu kadar rata-rata gula darah anda selama 2 hingga 3 bulan ke belakang. Adapun tingkat normalnya adalah di bawah 5,7%. Mereka yang memiliki antara 5,7-6,4% bisa disebut sebagai pradiabetes, sementara di atas 6,4% berarti anda telah terkena diabetes.

Terlebih lagi, asupannya dalam bentuk suplemen juga bisa menurunkan kadar fruktosamin secara signifikan, yaitu sejenis penanda lainnya dari kontrol gula darah dalam jangka panjang.

Asupan buah pahit ini tentunya boleh dalam bentuk utuh ataupun ekstrak dan suplemen. Tetapi jika anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk utuh, pastikan membuang bijinya terlebih dahulu, kemudian rebus atau rendam dalam air garam untuk membantu menghilangkan rasa pahit yang dimilikinya. Setelah itu, bisa dijadikan sup atau digabung dengan jenis sayuran lainnya.

  1. Melawan Kanker

Kanker memang merupakan penyakit yang mengerikan dan mematikan, tetapi sebenarnya masih bisa diatasi dengan pola makan dan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi sayuran termasuk pare.

Ketika dalam bentuk ekstrak, pare telah terbukti mampu membunuh sel leukemia dan memperlambat pertumbuhan kanker payudara pada tikus. Meskipun efeknya masih belum diketahui terhadap manusia, tidak ada salahnya anda mengonsumsinya dari waktu ke waktu.

Berbeda dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Hawaii. Mereka mampu memberikan informasi positif dan lebih jelas, yang mana menyebutkan bahwa pare dapat mengurangi proliferasi sel sekaligus meningkatkan apoptosis pada sel kanker payudara.

Ahli biologi sel Michael Overholtzer sendiri menjelaskan bahwa apoptosis tersebut merupakan suatu bentuk kematian sel terprogram yang dapat menyebabkan kanker jika tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu tujuan apoptosis adalah menghilangkan sel-sel yang mengandung mutasi yang berpotensi berbahaya”, tambahnya.

Secara lebih khusus, berdasarkan tes tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak pare dapat membunuh sel kanker perut, usus besar, paru-paru, dan nasofaring secara lebih efektif. Bagi anda yang belum tahu, kanker nasofaring biasanya terletak di belakang hidung atau di bagian belakang tenggorokan.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentunya dapat menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri anda, sehingga memaksa jantung untuk bekerja memompa darah lebih keras. Pada jangka panjang, kondisi ini bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Beberapa penelitian terhadap hewan pun sudah mampu menemukan bahwa pare dapat menurunkan kadar kolesterol demi mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Satu studi pada tikus dengan diet tinggi kolesterol mengamati bahwa pemberian ekstrak pare mampu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliserida secara signifikan.

Sayuran ini sebenarnya sudah mengandung nol kolesterol, sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan yang baik dalam mendukung kesehatan jantung anda.

Sebaliknya, resiko utama dari kadar kolesterol tinggi adalah terkena sebuah masalah kesehatan yang disebut penyakit jantung koroner, yang mana telah menjangkiti 2 juta orang di Indonesia setiap tahunnya.

  1. Mengurangi Berat Badan

Dikarenakan mengandung nol kalori namun tinggi serat, maka sayuran pare juga bisa menjadi makanan yang dapat membantu mengurangi berat badan seseorang. Setiap 94 gramnya, ia memiliki 2 gram serat yang sangat baik bagi pencernaan anda.

Para peneliti juga percaya bahwa pare mengandung zat atau senyawa yang dapat menekan nafsu makan seseorang, selain kemampuannya akan menurunkan kadar gula darah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ia memiliki peran mirip seperti hormon insulin.

Faktanya, kondisi gula darah tinggi seperti diabetes telah terkait erat dengan obesitas. Sebanyak 80-85% orang-orang berbadan gemuk cenderung mengembangkan resiko terkena diabetes tipe-2. Begitupun sebaliknya, resistensi insulin akan mengendapkan gula dalam darah sehingga memicu kegemukan.

Dengan kata lain, pare dapat membantu menurunkan berat badan anda dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh anda. Ditambah lagi, pola makan tinggi serat juga sudah terbukti menjadi salah satu syarat agar anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih alami dan lebih cepat.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Sifat anti-bilious dan obat penenang yang dimiliki pare juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengurangi tekanan darah secara alami, sama seperti halnya manfaat terong hijau yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Dikenal pula dengan sebutan hipertensi, tekanan darah tinggi sudah menjadi salah satu masalah terbesar yang bisa mendatangkan berbagai macam penyakit hingga menyebabkan kematian.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan garam, sembari mengonsumsi sayuran hijau.

Pare sendiri mengandung senyawa katekin, yang mana menurut sebuah meta analisis mengatakan bahwa antioksidan tersebut mampu mengatasi masalah tekanan darah. Terlebih jika digabungkan dengan teh hijau, maka efek tersebut terlihat lebih baik jika anda memiliki tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg.

Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

0
Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

Untuk orang dewasa, mengendalikan emosi Anda terkadang merupakan tantangan, tetapi itu tidak mudah bagi anak-anak Anda, karena mereka tidak tahu bagaimana mengekspresikan pikiran mereka kepada orang lain seperti orang dewasa.

Cara Membantu Anak-anak Anda mengendalikan Emosi

Cara membantu anak-anak Anda mengendalikan emosi

Seperti orang dewasa, anak-anak dapat stres dari hal-hal seperti sekolah dan kehidupan sosial. Meskipun mereka mungkin pura-pura tidak mengatakan, mereka ingin orang tua mereka mengenali dan memecahkan masalah mereka. Sebagai orang tua, Anda dapat membantu anak Anda tumbuh sehat sehingga ia dapat mengatasi masalah stres.

Dengarkan mereka dan bantu mereka mengenali emosi mereka

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mendengarkan dengan cermat tanda dan gejala masalah kesehatan mental. Penting bagi anak Anda untuk didengarkan dengan keterbukaan dan perhatian. Orangtua harus menghindari evaluasi, menyalahkan atau memaksa anak untuk melakukan apa pun. Cobalah memahami keseluruhan cerita dengan mengajukan pertanyaan. Butuh waktu untuk menceritakannya. Kemudian, orang tua dapat membantu anak-anak mereka mengenali emosi mereka menggunakan “daftar emosional”. Emosi harus mencakup beberapa emosi positif seperti “bahagia”, “senang” atau “bangga”. Ingat, tidak peduli apa kata anak, penting bahwa Anda selalu mendengarkan dan mendorong anak Anda untuk jujur ​​dengan Anda dan Anda sendiri.

Bicarakan tentang emosi anak Anda setiap hari

Orangtua harus mendiskusikan dengan mereka tentang perasaan mereka setiap hari. Ini akan membantu anak-anak mengekspresikan emosi dengan lebih mudah dan belajar dari orang dewasa bagaimana menggunakan kata-kata mengekspresikan emosi secara akurat, dari mana emosi juga tidak nyaman. Anak-anak akan tenang dan merasa rileks untuk mengungkapkan semuanya.

Menciptakan ruang untuk berbicara tentang perasaan yang sulit juga merupakan ide yang bagus. Ketika saya mengatakan “saya marah”, itu artinya seorang anak tahu apa emosi dan kontrol mereka.

Bantu anak Anda menghadapi emosi yang sulit

Begitu anak telah belajar perasaannya, orang tua dapat membantu mereka memahami mengapa mereka merasa seperti itu. Berbicara tentang pemicu atau penyebab emosi terkadang akan menyulitkan anak Anda, tetapi Anda dapat melakukan ini dengan lebih mudah dengan mendorong dia untuk menceritakan sebuah kisah. Sebuah cerita yang menjelaskan hubungan antara emosi anak dan setiap pikiran atau perilaku dari gangguan belajar anak, kompleksitas sosial, atau dari keluarga itu sendiri.

Orangtua juga dapat membantu anak-anak mereka berbagi lebih banyak dengan berbicara secara terbuka tentang emosi mereka, penyebabnya dan cara mengatasinya.

Sekian yang dapat kami sampikan kepada Anda sebagai orang tua, semoga dengan adanya tips tentang Cara membantu anak-anak Anda mengendalikan emosi, Anda bisa membantu anak Anda lebih mengontrol emosi mereka, sehingga mereka bisa memahami apa yang mereka lakukan tidak baik dan mana yang baik.

6 Makanan Pemicu Sakit Gigi pada Anak

0

Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan pada gigi yang bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak.  Sakit gigi adalah hal yang menyakitkan yang dialami si kecil.
Penyebab sakit gigi pada anak yang paling umum adalah dari gigi berlubang. Gigi berlubang sering kali disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk

Dimana Anak-anak biasanya suka memakan-makanan manis sehingga memicu munculnya bakteri di mulut. Karena ketika memakan- makanan manis dapat tersisa di gigi sehingga bila tidak bisa membersihkan gigi dengan baik dan benar maka dapat mengundang bakteri untuk berkembang biak di dalam mulut, akibatnya gigi menjadi menjadi berlubang dan lama kelamaan menjadi sakit gigi. Sakit gigi bisa mengganggu kenyamanan kegiatan sehari-hari. Untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang dapat memicu timbulnya sakit gigi mari kita bahas yaitu

1. Susu

Susu merupakan produk olahan sumber makanan hewani. Susu mengandung gula. Bila si kecil suka minum susu formula maka dengan kebiasaan mengkonsumsinya setiap hari dapat memicu gigi berlubang akibatnya akan menjadi sakit gigi. Sebab jika susu diminum sesaat sebelum tidur lalu tidak dibersihkan. Hal itu akan menyebabkan Gula yang menempel ke gigi akan mengikis keadaan enamel sehingga juga dapat mengundang sumber bakteri penyebab sakit gigi.

2. Ice cream

Ice cream merupakan produk olahan susu yang dicampur dengan santan dan gula sehingga rasanya manis, gurih dan enak makanya hampir semua orang menyukainya dari anak-anak hingga orang dewasa. Jika makanan manis ini dikonsumsi secara berlebihan dan sehabis makan lupa untuk menggosok gigi serta menyikat giginya tidak bersih dan benar akan memicu munculnya bakteri di mulut. Karena makanan manis akan menghasilkan asam jika dikonsumsi ditambah lagi bila menempel di gigi maka lama-kelamaan gigi terkikis akibatnya gigi berlubang dan terjadilah sakit gigi.

3. Permen lengket atau kenyal,  asam dan keras

Baik permen lengket maupun kenyal dan asam pasti terbuat dari kandungan gula yang tinggi dan rasa asam. Sehingga bila si kecil mengkonsumsi jenis permen pasti akan sakit gigi, sebab gula yang tinggi dan asam bila dikonsumsi akan mengikis enamel gigi serta akan memicu timbulnya sumber bakteri di gigi. Ketika habis mengkonsumsi permen si kecil lupa untuk menggosok gigi dan menyikat giginya tidak bersih dan benar maka sisa makanan permen akan menempel lah ini akan memicu sumber bakteri untuk berkembang biak akibatnya gigi menjadi berlubang dan menjadi sakit gigi.

4. Biskuit

Di dalam biskuit terdapat kandungan karbohidrat olahan yang bisa berubah menjadi gula kemudian dikunyah menjadi lembek maka dapat menumpuk di bagian sela-sela gigi sehingga sisa makanan tersebut dapat terselip di dalam gigi akibatnya dapat mengundang bakteri untuk berkembang biak di dalam mulut, maka menjadi sakit gigi

5. Keripik pisang dan kentang

Baik keripik pisang maupun keripik kentang sebagai camilan favorit semua orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Kandungan pati dalam keripik bila dikonsumsi akan berubah menjadi gula dan asam sehingga dapat tertinggal di dalam gigi akibatnya bila tidak dibersihkan dengan baik dan benar maka sisa makanan keripik tadi akan mengundang sumber bakteri penyebab sakit gigi.

5. Roti putih

Kandungan roti putih kaya akan karbohidrat sehingga bila dikonsumsi akan diubah menjadi gula di dalam mulut. Bila setelah mengkonsumsi roti putih tidak membersihkan giginya dengan baik dan benar maka sisa roti putih yang terselip di gigi akan mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak akibatnya menjadi sakit gigi.

6. Popcorn

Bila menonton tv biasanya bunda selalu menyediakan camilan seperti popcorn kepada si kecil nya. Ternyata mengunyah popcorn akan membahayakan gigi si kecil . Sebab sehabis mengkonsumsi popcorn si kecil lupa atau kurang membersihkan gigi dengan tidak baik dan benar maka sisa popcorn akan terselip pada gigi sehingga akan memicu sumber  bakteri untuk berkembang biak akibatnya menjadi sakit gigi

Jangan lupa bunda untuk selalu mengingatkan si kecil rutin sikat gigi dan bila perlu ajarkan sikat gigi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat

 

Dampak buruk kecanduan gadget pada anak

0

C:\Users\Asus\Downloads\anak-dan-gadget-800x400.jpg

Gadget merupakan salah satu teknologi canggih yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah segala kegiatan maupun aktivitas sehari-hari. Di jaman milleneal ini dengan serba canggih apa-apa dengan penggunaan gadget setiap harinya. Mulai dari belajar, bermain hingga berbelanja, transaksi apapun juga melaluli gadget. Gadget sudah menjadi suatu kebutuhan dalam hidup manusia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada anak gadget digunakan dalam proses pembelajaran sampai media bermain mereka juga. Gadget dapat memudahkan anak untuk mencari berbagai macam segala informasi untuk dirinya. Tetapi bila anak selalu bergantungan dengan penggunaan gadget apalagi dengan menggunakan secara terus menerus setiap harinya juga tidak baik untuk kesehatan mereka malah akan memicu dampak negative dari kecanduan gadget tersebut.

Ada beberapa dampak buruk kecanduan gadget bagi kesehatan fisik maupun mental anak sebagai berikut :

Kesehatan mata terganggu

Bila kebiasaan mata menatap layar gadget dan mata terkena pancaran cahaya terang terlalau lama dan dilakukan tiap hari dengan jangka waktu yang lama dan panjang maka akan merusak kesehatan mata, sehingga mata mengalami gangguan kesehatan seperti miopi dan mata lelah bahkan mata menjadi minus

Menjadi malas belajar

Dengan anak yang terbiasa dengan sibuk mainan gadget setiap harinya maka membuat ia malas untuk belajar karena mereka beranggapan dengan ia pegang gadget dapat belajar lewat situ juga akibatnya dapat mengganggu studinya

Mengganggu pola tidur mereka

Bila kebiasaan si kecil ketika mau tidur mainan gadget maka pancaran sinar biru pada gadget akan membuat suasana seperti masih siang hari sehingga membuat otak si kecil terjaga sampai malam hari akibatnya mereka tidak akan mudah tidur dengan cepat.

Gangguan pendengaran

Kebiasaan sering mendengarkan music dari gadget menggunakan earphone dalam jangka waktu lama dan panjang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan telinga anak akibatnya dapat mengalami gangguan pendengarannya.

Memicu perasaan cemas dan depresi

Seseorang yang terbiasa sering melihat unggahan postingan kehidupan orang lain maka akan membuat ia membandingkan kehidupannya sendiri dengan orang lain, hal inilah yang akan memicu perilaku depresi pada anak dan bila orang tuanya tidak memberikan kuota untuk mengakses internet maka anak juga mudah tersinggung dan sedih bahkan muda marah. Hal inilah yang dapat memicu anak menjadi gelisah dan depresi.

Kesehatan mental terganggu

Pernah tadi di jelaskan diatas bila seseorang selalu melihat postingan unggahan kehidupan pribadinya orang pasti terlihat bahagia kemudian anak membandingan kehidupan pribadinya sendiri pasti sungguh beda sehingga hal ini akan memicu perasaan cemas, gelisah bahkan depresi dan bila orang tua tidak memberikan kuota untuk mengakses internet sikap mereka berubah menjadi cepat tersinggung dan mudah marah. Hal inilah yang dapat melatarbelakangi gangguan kesehatan mental si anak. Dengan melihat tontonan dari isi gadget seperti unggahan social media mereka, maka dapat merubah sikap dan peringai anak dari yang ceria tiba-tiba menjadi lebih sensitif perasaannya.

Memicu risiko kanker otak

Dengan kebiasaan anak menelepon menggunakan gadgetnya dengan jangka waktu lama dan panjang setiap harinya akan memicu risiko kena kanker otak, sebab di dalam gadget terdapat pancaran gelombang radiofrekunsi bila masuk ke telinga dan otak terus menerus dalam waktu yang lama akan sangat berbahaya.

Memicu obesitas

Bila anak terbiasa mantengin layar handphonenya dan tidak bergerak kemanapun dengan jangka lama dan panjang hanya bermain di depan layar gadget maka dapat memicu terkena obesitas sebab tubuh mereka tidak bergerak membakar kalori ditubuhnya

Kurang bersosialisai dengan orang lain

Dengan membiasakan anak bermain handphone dengan waktu berjam-berjam setiap harinya membuat anak males untuk berkomunikasi dengan orang lain langsung sehingga mengakibatkan anak kurang bersosialisasi dengan orang lain disekitar lingkungannya karena mata mereka hanya sibuk mantengin gadgetnya.

Setelah mengetahui dampak buruk kecanduan gadget pada anak alangkah baiknya orang tua mengawasin penggunaan nya jangan sampai melebihi 2 jam untuk menggunakannya.

 

Efek Samping Konsumsi Sereh Secara Berlebihan

0

C:\Users\Asus\Downloads\tanamanobatkeluarga-toga-blogspot.jpg

Serai atau sereh adalah tumbuhan rumput-rumputan yang dapat digunakan dijadikan sebagai bumbu dapur untuk masakan. Umumnya serai atau sereh dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa pada masakan. Selain bermanfaat sebagi bumbu dapur juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tetapi bila anda mengkonsumsi serai atau sereh berlebihan maka akan memicu berbagai efek samping. Berikut beberapa efek samping mengkonsumsi serai atau sereh secara berlebihan antara lain :

1. Membuat kepala pusing

Serai atau sereh dipercaya selain dijadikan bumbu dapur juga dapat dijadikan minyak aromaterapi. Akibatnya bila anda menggunakan secara berlebihan akan memicu kepala pusing.

2. Membuat rasa mual dan muntah

Selain dipercaya dapat dijadikan sebagai aromaterapi, bila mengkonsumsi rebusan serai atau sereh dalam jumlah banyak atau berlebihan akan memicu perut menjadi mual dan muntah karena aromanya yang terlalu menyengat.

3. Memicu buang air kecil berlebihan

Serai atau sereh memiliki kandungan air yang cukup tinggi bila anda mengkonsumsi secara berlebihan akan memicu untuk buang air kecil terus menerus, karena tubuh mengkonsumsi cairan yang berlebihan akibatnya ginjal pun memproduksi urine lebih banyak

4. Membuat gigi berlubang dan mulut kering

Mengkonsumsi rebusan air sereh dipercaya dapat mengatasi masalah infeksi mulut dan gigi berlubang tetapi bila anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan dan tidak hati-hati akan memicu gigi berlubang dan mulut kering.

5. Dapat menimbulkan reaksi alergi dan memicu iritasi pada kulit

Bagi anda orang-orang yang memiliki kulit sensitive berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsi serai atau sereh dalam jumlah berlebihan sebabkandungan dalam sereh atau serai akan memicu reaksi alergi pada kulit dan iritasi

6. Bahaya bagi ibu hamil dan menyusui

Bagi ibu hamil dan menyusui dilarang untuk mengkonsumsi serai atau sereh karena bila mengkonsumsi rebusan air serai atau sereh akan mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan sebab sereh atau serai mengandung zat yang dapat memicu keguguran bahkan kecacatan pada janin.

Itulah efek samping jika mengkonsumsi serai atau sereh berlebihan bila tidak sesuai takaran yang dianjurkan akan berakibat fatal. Untuk itu patuhilah aturan anjuran takaran yang diperintahkan.

 

Makan Tengah Malam dan Bahaya Yang Mengancam

0

C:\Users\Asus\Downloads\c957b5d8-605a-46d1-b957-56125502d134.jpg

Makan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh manusia. Akan tetapi makan yang sehat harus diatur sesuai dengan waktu yang tepat. Bila seseorang tidak dapat mengatur pola makannya dengan baik akan berakibat kepada kesehatan tubuh nya. Seperti kebiasaan makan tengah malam yang biasa sering begadang malem. Hati-hati yah kawan akan memicu berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kalian. Adapun beberapa bahaya bila suka makan tengah malam diantaranya:

Memicu diabetes

Kebiasaan begadang dapat membuat anda makan saat tengah malam sehingga mengakibatkan insulin memproduksi kadar gula berlebihan dalam darah meningkat maka memicu diabetes

Berat badan meningkat

Sering kebiasaan makan tengah malam membuat tubuh menumpuk lemak sehingga waktu dipakai hanya untuk istirahat dan tidur saja maka tidak ada aktivitas untuk bergerak membakar kalori dan lemak akibatnya tubuh mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan.

Memicu asam lambung naik

Seharusnya tubuh ketika malam itu dipakai untuk istirahat dan tidur karena kebiasaan makan sebelum tidur maka membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras daripada biasanya sehingga menekan sistem metabolisme tubuh akibatnya asam naik ke lambung.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bahaya kebiasaan sering makan tengah malam maka membuat insulin dalam darah dapat memproduksi kadar gula darah berlebihan akibatnya dapat mempengaruhi kinerja jantung menjadi lebih cepat, hal ini akan bahaya lama-kelamaan akan memicu risiko penyakit jantung

Dapat memicu insomnia

Kebiasaan tengah malam sering makan maka membuat makanan dalam perut mengganggu tidur anda karena perut terisi kenyang dan begah, hal ini akan membuat anda untuk susah tidur akibatnya akan memicu terkena insomnia.

Mengubah nafsu makan

Bila orang terbiasa dengan makan sesuai jadwal waktu,misal sarapan pagi, makan siang, dan malam sesuai pola waktu makan yang sehat. Tetapi kemudian anda terbiasa makan tengah malam maka hal ini juga akan mempengaruhi fungsi sistem kerja hormon dalam tubuh akan berubah sehingga makan tengah malam dapat mengubah nafsu makan menjadi lebih banyak dari biasanya akibatnya fungsi kerja hormone akan terganggu dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Jika Anda memiliki kebiasaan setiap hari makan tengah malam sambil begadang sudah sebaiknya Anda mulai menguranginya karena akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

 

Bahaya Konsumsi Buah Salak yang berlebihan

0

Buah salak adalah buah yang memiliki kulit bersisik seperti ular dengan warna coklat kemerahan atau coklat kehitaman dengan bentuk bulat meruncing. Selain bentuknya seperti buah ular akan tetapi daging nya memiliki rasa yang manis.  Buah ini memang sudah dikenal oleh banyak orang dan harganya pun murah untuk bisa dibeli oleh siapa saja. Meskipun bentuk buahnya seperti kulit sisik ular dan harga nya murah sekaligus kaya akan manfat bagi kesehatan. Akan tetapi hati-hati bila dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk ke tubuh kita. adapun bahaya konsumsi buah salak berlebihan diantaranya :

Memicu konstipasi atau sembelit

Meskipun buah salak memiliki kandungan vitamin dan serat yang tinggi, bila dikonsumsi secara berlebihan akan memicu seseorang susah buang air besar atau konstipasi atau sembelit

Memperparah sakit maag

Buah salak memiliki kandungan protein, serat, vitamin, dan karbohidrat. Kandungan buah salak tersebut jika di dalam saluran pencernaan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, bagi anda memiliki riwayat sakit maag berhati-hatilah jangan mengkonsumsi buah salak yang berlebihan sebab kandungan buah salak bila terlalu lama tersimpan dalam lambung akan diubah menjadi zat asam sehingga dapat memperburuk sakit maag anda.

Memperparah sakit tifus

Sama seperti hal nya sakit maag juga, bila anda penderita sakit tifus sebaiknya hindari konsumsi buah salak apalagi sampai berlebihan mengkonsumsinya malah akan memperburuk kondisi sakit tifus anda sebab kandungan dari buah salak ketika masuk di saluran pencernaan membutuhkan waktu lama untuk dicerna maka lama-kelamaan akan diubah menjadi zat asam yang dapat berpengaruh ke lambung anda akibatnya dapat memperparah kondisi tifus anda

Memicu Pendarahan pada usus

Usus merupakan bagian dari saluran pencernaan, bila keadaan usus luka maka tubuh akan mengalami pendarahan. Sehingga bila anda penderita ulkus perut hindari untuk mengkonsumsi buah salak dalam jumlah berlebihan sebab kandungan dari buah salak bila tersimpan dalam usus, dan lambung akan sulit dicerna akibatnya kandungan tersebut diubah menjadi zat asam yang dpat memicu berbagai penyakit pada lambung termsuk juga pada usus mengalami pendarahan.

Jika anda memiliki beberapa kondisi riwayat penyakit di atas, maka sebaiknya untuk menghindari mengkonsumi buah salak meskipun sangat menginginkannya.

 

Kesalahan Pola makan dan Gaya Hidup Program Diet

0

C:\Users\Asus\Downloads\pentingnya-sarapan-dan-makan-malam-saat-diet-alodokter.jpg

Bagi perempuan memiliki bentuk tubuh langsing dan singset selalu jadi impian. Tidak heran, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal itu, perempuan akan melakukan segala cara, termasuk diet.

Diet merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan seseorang, salah satunya untuk mendapatkan berat badan ideal. Berat badan ideal memang dapat menunjang penampilan, sehingga nggak jarang seseorang mau melakukan berbagai upaya untuk diet.
Saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh maupun pola yang diterapkan oleh program diet.

Banyak kesalahan yang sering terjadi saat seseorang menjalani program diet seperti

Tidak sarapan pagi

Menjalankan diet dengan tidak sarapan di pagi hari merupakan hal yang salah karena semakin lapar dan semakin banyak makan di siang hari.

Hanya fokus pada timbangan berat badan

Perempuan sering berpikir bahwa mereka harus memiliki berat badan pada angka tertentu agar terlihat langsing. Dengan demikian, fokusnya hanya pada angka membuat seseorang diet superketat membuat tubuh jadi lebih sehat.

Tidak berolahraga atau terlalu banyak olahraga

Berolahraga mampu menaikkan massa otot dalam tubuhmu dan mengurangi massa lemak. Jadi, kalau kamu hanya fokus diet tapi nggak diimbangi olahraga, kamu bakalan kehilangan massa otot. Meski berat badanmu berkurang, belum tentu massa lemak di tubuhmu bakalan turun juga.

Menghindari makan nasi

Dalam diet menurunkan berat badan, terkadang seseorang cenderung berpikir takut untuk makan nasi. Nasi dianggap mudah membuat seseorang menjadi gemuk. Padahal nggak demikian. Nasi nggak akan membuatmu gemuk asal nggak berlebihan konsumsinya.

Kurang cukup makan protein

Protein memang membantu membentuk otot di tubuh. Namun jika kamu mengonsumsinya berlebihan hal itu akan berubah menjadi lemak di tubuh. Dan kekurangan protein juga dapat membahayakan kondisi tubuh kamu.

Masih makan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis hanya akan merangsang kamu untuk menambah asupan makan. Ini salah satu kesalahan saat diet yang sering dilakukan.

Ikut-ikutan orang

Kebanyakan orang menjalani diet karena ikut-ikutan orang lain merupakan kesalahan yang fatal. Karena bahwa setiap orang punya kondisi dan permasalahan tubuh yang berbeda. Ikut-ikutan diet yang dijalani orang hanya dapat berhasil menurunkan berat badan mereka saja tanpa memperhatikan kondisi tubuhnya.

Makan terlalu banyak protein dan lemak

Konsumsi protein dan lemak berlebihan bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol. Kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke.

Makan tanpa garam

Menjalankan diet dengan tidak mengonsumsi garam merupakan diet yang sangat berbahaya. Karena Tubuh masih butuh asupan garam untuk memproduksi hormon tiroid, memelihara keseimbangan cairan tubuh, menjaga aktivitas sel saraf, kontraksi serta relaksasi otot, dan meningkatkan fungsi otak.

Tidak dengan pengawasan dokter

Ketika seseorang mendapatkan rekomendasi diet yang diberikan oleh beberapa blog, media sosial, bahkan ahli diet sekali pun memang dapat dijadikan panduan. akan tetapi perlu dilihat apakah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh kita atau tidak. Jangan sampai rekomendasi diet yang diberikan tersebut jadi bumerang untuk diri Anda sendiri. Lebih baik konsultasi dengan ahli gizi saat ingin diet agar penurunan berat badan lebih efektif

Terlalu fokus pada pengurangan

Kebanyakan dari pelaku diet hanya terlalu fokus dalam pengurangan produk susu, gluten, gula, dan lainnya. Mungkin untuk beberapa hari pertama, pengurangan dalam program diet tersebut akan berhasil dan tak terjadi masalah.

Namun pengurangan tersebut hanya bersifat sementara. Jadi daripada mengurangi hal-hal tersebut, lebih baik Anda mempertimbangkan apa yang bisa Anda tambahkan dalam diet.
Penambahan makanan dalam program diet ini bisa berupa sayuran dan buah-buahan yang mengandung sejumlah nutrisi baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Makan saat perut kosong

Makan saat lapar atau dalam kondisi kosong akan membuat kamu makan melebihi porsi yang seharusnya. Ketika keadaan perut dalam kondisi penuh membuat perut jadi kembung dan tidak nyaman. Jadi saat kamu sudah mendapatkan isyarat lapar , sebaiknya  makan daripada harus menunggu perut kosong dan menyebabkan makan berlebihan yang membuat tubuh tidak sehat dan berat badan bisa naik.

Kurang tidur atau sering begadang

Jika kurang tidur berakibat metabolisme tubuh melambat. Ujung-ujungnya adalah kamu akan cenderung makan lebih banyak karena sering lapar di malam hari.
Waktu istirahat juga sangat penting untuk membuat tubuhmu lebih mudah memiliki berat badan ideal. kurang tidur akan membuatmu mudah gemuk.

Tidak makan malam

Jika makan malam dihilangkan, kemudian menggantinya dengan makanan ringan untuk menahan lapar dan makanan ringan yang disantap mengandung kalori tinggi, maka berat badan tetap tidak akan turun. Rasa lapar yang muncul akibat tidak makan malam dapat mengganggu tidur kamu dan dapat mengundang makanan yang tidak seharusnya dimakan sehingga membuat bobot melambung tinggi.

Sering makan salad terus

Sayur dan buah itu menyehatkan dan membuat tubuh langsing. Akan tetapi harus diimbangi dengan asupan karbohidrat supaya dalam tubuh kita punya energi.

Tidak ngemil

Ngemil disini yang sehat dimaksud konsumsi snack sehat setiap tiga sampai empat jam sekali dalam jumlah semangkuk kecil atau bisa juga mengemil buah-buahan seperti pisang.

Terlalu banyak minum jus buah hingga lupa minum air putih

Mengkonsumsi jus buah memang menyehatkan. Tetapi jangan lupa konsumsi air putih karena dapat membantu mengatur pola makan dan mengurangi asupan kalori.